Saturday, February 07, 2009

Film-film P. Ramlee di sensor?

Semalam gw sempat hadir di pembukaan pameran dalam rangka Jakarta Biennale XIII 2009 di Galeri Nasional. Banyak karya2 yang menarik. Ada satu karya yang membuat gw tersenyum. Sebuah video instalation karya Ming Hong dari Singapura menarik perhatian gw dengan karya yang berjudul Four Malay Stories. Dalam karyanya Ming Hong menggambarkan beberapa adegan dari film2 legendaris P. Ramlee yang tokoh2nya diperankan sendiri olehnya, luar biasa.

Bagi gw sempat yang tumbuh besar dengan menonton saluran2 TV melalui parabola, film2 P. Ramlee yang ditayangkan di TV2 Malaysia bukan sesuatu yang asing. Yang membuat gw kaget adalah, ketika membaca katalog yang menjelaskan karya ini lebih lanjut diceritakan bahwa kini film2 P. Ramlee (sekitar 60 buah film sejak 1950--1970-an) telah disensor oleh pihak berwenang Malaysia karena ada adegan-adegan orang berciuman, berselingkuh, telanjang, korupsi, minum-minum, merokok, berjudi, dsb. WOW... gw jadi kehilangan kata-kata. Buat yang sudah pernah menonton film2nya P. Ramlee pasti bakal terheran-heran, bagaimana bisa "adegan seronok" ala tahun jebot bisa ga lolos sensor.. yang jika dibandingkan dengan adegan2 di sinetron masa kini ga ada apa2nya...

You know what i think.. Malaysia ga asyik banget dan semoga Indonesia ga latah jadi seperti itu.


Btw, go see the exhibition!
it's awesome.

No comments: