Thursday, August 28, 2008

foot steps on the roof

Ini adalah kisah semi horor. Kadangkala di malam hari ketika semua orang sudah tertidur dan suasana telah sunyi terdengar suara langkah-langkah kaki di atap genting di luar jendela kamarku di lantai dua. Setelah beberapa waktu, gw belajar mengidentifikasi siapa pemilik langkah-langkah itu. Jika langkahnya cepat, ringan dan pendek-pendek dapat dipastikan itu adalah tikus. Bila bunyi langkahnya perlahan, ringan dan penuh perhitungan itu artinya kucing yang sedang melintas.

Suatu kali saat menjelang tidur gw dikagetkan pada bunyi langkah yang sama sekali baru. langkah-langkahnya perlahan, berat, dan mantap, terlalu berat untuk seekor kucing apalagi untuk seekor tikus. Selain itu langkah kaki itu diikuti dengan munculnya sekelebat bau wangi. Daya khayal gw langsung bekerja, jangan-jangan itu adalah suara langkah-langkah pencuri, atau lebih mengerikan lagi suara makhluk jadi-jadian. Gara-gara pikiran itu perasaan takut dan waspada muncul hingga rasa kantukpun hilang. Lampu kamar yang tadinya sudah dimatikan kembali gw nyalakan. Untungnya karena hari sudah larut malam, beberapa waktu kemudian rasa kantuklah yang menang dan membuat gw tidak peduli dengan suara-suara dari atap di sebelah kamarku.

Misteri langkah-langkah kaki itu terpecahkan tak disengaja. Waktu itu sudah lewat jam 9:00 malam, gw sedang duduk di teras rumah, tiba-tiba rumpun kemuning di taman bergerak-gerak lalu muncul dua ekor musang... berlari cepat melintasi rumput, lalu dengan sigap memanjat pohon mangga dan berkejar-kejaran di atap rumah. Setelah kedua musang itu melintas tercium bau wangi pandan. Ooooohhh... ternyata selama ini langkah-langkah kaki mencurigakan itu berasal dari musang yang mondar-mandir di atap rumah. Pengetahuan ini membuatku merasa lega, selain itu rasanya cukup menakjubkan membayangkan di Jakarta yang penuh beton ini masih ada musang yang berkeliaran. Dan akhirnya gw mengerti kenapa ada yang menyebut musang dengan julukan "musang pandan".

Gimana, ga terlalu horor kan? :P

1 comment:

godot said...
This comment has been removed by the author.